0 di keranjang

No products in the cart.

Call Center : 081220888472

Blog

telur-ayam_20180317_180649

Kandungan Gizi Telur Berbagai Jenis, Mana yang Paling Bergizi?

Suka makan telur? Jenis telur apa yang menjadi favorit Anda? Yakin, bila telur favorit Anda paling banyak kandungan gizinya? Penasaran kandungan gizi telur ayam vs telur bebek? Yuk, ketahui kandungan gizi telur dari berbagai jenis dengan membaca tulisan ini hingga tuntas!

Apa itu telur?

Telur adalah salah satu jenis lauk hewani karena dihasilkan oleh hewan. Selain itu, telur juga merupakan cara berkembang biak bagi sebagian besar hewan atau yang dikenal juga dengan istilah ovipar.

Bagian-bagian telur

Telur terdiri dari beberapa bagian. Ada bagian keras yaitu cangkang yang melindungi bagian dalam telur. Setelah cangkang, bagian berikut adalah selaput putih atau membran yang juga berfungsi untuk melindungi isi telur. Isi telur terdiri dari putih dan kuning telur.

Bagian putih telur adalah bagian yang banyak mengandung albumin. Putih telur ini seperti bantalan bagi embrio sehingga aman dari goncangan. Selain itu, bagian putih telur juga berfungsi sebagai cadangan air bagi embrio.

Kuning telur adalah bagian inti dari sebuah telur. Ini dikarenakan di dalam kuning telur terdapat calon embrio yang akan tumbuh. Di samping itu, sumber makanan utama bagi embrio ada di dalam kuning telur.

Embrio dari hewan induk akan berkembang di dalam telur tersebut bila dierami. Akan tetapi, telur tidak menjadi anak hewan bila tidak dierami. Telur inilah yang dapat dikonsumsi oleh manusia.

Jenis-jenis telur yang umum dijadikan lauk

Ada banyak jenis telur yang telah dihasilkan oleh hewan-hewan ovipar di dunia ini. Namun, tidak semua telur dari hewan jenis ovipar tersebut dapat dijadikan lauk walaupun sama-sama mengandung putih dan kuning telur.

Sebagian jenis telur yang berasal dari hewan reptil tentunya sangat tidak lazim untuk dikonsumsi dan cukup mengerikan. Ada pula unggas besar yang juga tidak bisa dijadikan sebagai lauk.

Berikut ini adalah beberapa jenis telur yang umumnya sering dikonsumsi khalayak:

  1. Telur ayam
  2. Telur bebek
  3. Telur bebek asin
  4. Telur puyuh
  5. Telur ikan
  6. Telur penyu

Kandungan gizi telur secara umum

Telur memang memiliki kandungan gizi yang berbeda-beda. Perbedaan kandungan gizi telur ini dipengaruhi oleh tiga faktor utama. Ketiga faktor tersebut adalah jenis telur, ukuran telur, dan pengolahan telur.

Jadi, pada telur dari hewan tertentu memiliki kandungan zat gizi tertentu yang lebih tinggi daripada jenis telur lainnya. Tak heran bila terkadang orang-orang suka memperbicangkan kandungan gizi telur ayam vs telur bebek.

Sebaiknya Anda mengetahui lebih dulu kandungan gizi telur secara umum sebelum mengetahui kandungan gizi telur dari berbagai jenis. Para pakar menyimpulkan bahwa telur adalah makanan atau lauk yang hampir sempurna kandungan gizinya.

Mirip dengan ASI yang merupakan makanan terlengkap bagi bayi, telur merupakan sebuah tempat di mana embrio mengalami pertumbuhan menjadi seekor hewan kecil. Oleh karena itu, telur mengandung zat-zat gizi yang cukup lengkap dan dalam jumlah banyak.

Ini dikarenakan untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan embrio hewan tersebut. Kandungan gizi telur terdiri dari zat gizi makro dan mikro. Zat gizi makro yang ada di dalam telur adalah protein, lemak, dan karbohidrat.

Melalui kandungan zat gizi tersebut, pastinya telur memiliki kandungan energi yang cukup banyak. Kandungan protein di dalam 100 gram telur berkisar 10-14 gram, kandungan lemak sebesar 10-15 gram, dan kandungan karbohidrat sebanyak 0,7-3,3 gram.

Jumlah kandungan zat-zat gizi makro tersebut membuat 100 gram telur mengandung 140-190 kal energi. Wah, cukup besar bukan? Selain zat gizi  makro, telur juga mengandung zat gizi mikro.

Kandungan zat gizi mikro untuk setiap 100 gram telur di antaranya adalah 49-120 mg kalsium; 160-200 mg fosfor; 1,3-3 mg zat besi; 900-2800 IU vitamin A; dan 0,1-0,2 mg vitamin B. Air juga mengandung 65-80 gram air.

Kandungan gizi telur berbagai jenis

Setelah mengetahui kisaran jumlah kandungan gizi telur secara umum maka untuk melengkapinya sebaiknya Anda perlu tahu juga jumlah kandungan gizi telur berbagai jenis. Hal ini bisa membuat Anda untuk memilih telur jenis tertentu untuk mendapatkan asupan yang cukup pada zat gizi tertentu.

Berikut ini adalah beberapa jenis kandungan gizi telur berbagai jenis:

1. Kandungan Gizi Telur ayam

Jenis telur yang pertama dan sangat terkenal adalah telur ayam. Telur ayam sangat sering dan umum dikonsumsi oleh masyarakat. Selain mudah didapat, harga telur ayam cukup terjangkau bagi sebagian besar masyarakat.

Telur ayam memiliki beberapa kandungan yang perlu Anda ketahui. Kandungan gizi telur ayam yaitu 162 kal energi; 12.80 gram protein; 11.50 gram lemak; 0.70 gram karbohidrat; 54.00 mg kalsium; 180 mg fosfor; 3.00 mg zat besi; 900 IU vitamin A; dan 0.10 mg vitamin B.

2. Kandungan Gizi Telur bebek

Jenis telur yang tidak kalah populernya dengan telur ayam adalah telur bebek. Ayo tebak mana kandungan gizi yang lebih tinggi? Telur ayam atau telur bebek? Kalau ukuran telur ayam vs telur bebek sudah tahu jawabannya dong.

Nah, bagaimana dengan kandungan gizi keduanya? Kandungan gizi telur bebek terdiri dari 189 kal energi; 13.10 gram protein; 14.30 gram lemak; 0.80 gram karbohidrat; 56.00 mg kalsium; 175 mg fosfor; 3.00 mg zat besi; 1230 IU vitamin A; dan 0.18 mg vitamin B.

Telur ayam atau telur bebek yang paling banyak kandungan gizinya? Sudah tahu jawabannya kan! Jawabannya adalah telur bebek. Meskipun pada kandungan fosfor, telur bebek lebih rendah dari telur ayam tetapi secara garis besar, telur bebek lebih banyak jumlah zat gizi yang dikandungnya.

3. Telur bebek asin

Telur bebek juga biasa diolah dengan cara diasinkan. Pengolahan ini ternyata membuat kandungan gizi telur bebek mengalami perubahan. Adanya penambahan dan proses tertentu menjadi penyebab perubahan kandungan zat gizi pada telur bebek asin.

Baca Juga: 11 Manfaat Telur Asin yang Jarang Diketahui

Kandungan gizi telur bebek asin menjadi 195 kal energi; 13.60 gram protein; 13.60 gram lemak; 1.40 gram karbohidrat; 120.00 mg kalsium; 157 mg fosfor; 2.00 mg zat besi; 841 IU vitamin A; dan 0.28 mg vitamin B.

4. Telur puyuh

Telur puyuh memiliki kandungan gizi di antaranya 168 kal energi; 12.30 gram protein; 12.70 gram lemak; 1.20 gram karbohidrat; 0.00 mg kalsium; 0.00 mg fosfor; 0.00 mg zat besi; 0.00 IU vitamin A; dan 0.00 mg vitamin B.

5. Telur ikan

Lebih kecil dari telur puyuh, telur ikan juga kerap dikonsumsi meskipun jarang dan hanya pada jenis telur dari ikan tertentu saja. Kandungan gizi telur ikan yaitu 398 kal energi; 16.70 gram protein; 34.80 gram lemak; 4.50 gram karbohidrat; 235.00 mg kalsium; 544.00 mg fosfor; 25.20 mg zat besi; 0.00 IU vitamin A; dan 0.30 mg vitamin B.

6. Telur penyu

Telur penyu diklaim memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan. Namun, ada pula yang menyebutkan bahwa ada efek sampingnya. Di luar dari keduanya, sebenarnya mengonsumsi telur penyu adalah ilegal karena bisa membuat penyu cepat punah.

Kandungan gizi telur penyu yaitu 144 kal energi; 12.00 gram protein; 10.20 gram lemak; 0.00 gram karbohidrat; 84.00 mg kalsium; 193.00 mg fosfor; 1.00 mg zat besi; 600 IU vitamin A; dan 0.11 mg vitamin B.

Sumber:

Kandungan Gizi Telur Berbagai Jenis, Mana yang Paling Bergizi?


UNY: DKBM Indonesia. http://staffnew.uny.ac.id/upload/132318122/pendidikan/DKBM-Indonesia.pdf [diakses pada 9 Januari 2019]

Olahan

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email
WhatsApp Chat
Send via WhatsApp